26 C
Medan
Sabtu, 5 Oktober 2024

Walikota Cantik Ini Ikut Resmikan E-Gov Sergai

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

akses.co – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Hj. Airin Rachmi Diany, bersama Gubernur Sumatera Utara HT. Erry Nuradi meresmikan peluncuran Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau aplikasi e-Government (e-Gov) di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (11/7/2017).

Dalam sambutannya, walikota cantik ini, mendukung atas diluncurkannya aplikasi e-Government ini. “Kini tidak ada lagi study banding, yang ada sudah ditiru. Apa yang telah diterapkan di Tangsel kini telah diterapkan di Sergai. Dengan diaplikasikannya SISUMAKER di kabupaten ini pejabat publik dapat melaksanakan tugasnya tanpa mengenal batasan tenpat dan waktu,” kata Airin.

Beberapa waktu lalu Pemko Tangsel dengan Pemkab Sergai telah mengikat MoU untuk aplikasi e-Government ini . “Oleh karenanya mari kita tingkatkan kinerja sesuai dengan tupoksi dan kerjasama dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Gubsu Erry Nuradi berharap penerapan aplikasi e-Government tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dia meminta Pemkab Serdang Bedagai dapat mengemangkan terus aplikasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah ini.

“Penerapan aplikasi ini agar memberikan pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat dan dunia usaha di Tanah Bertuah Negeri Beradat melalui pelayanan yang modern dan inovatif, transparan dan lebih interaktif,” ujar Gubsu.

Sebelumnya Bupati Sergai H. Soekirman mengatakan bahwa tujuan penerapan e-Government untuk menciptakan pemerintahan yang efektif, efesien, karena lebih murah, akuntabel, mudah terpantau secara elektronik. Selain itu juga untuk monitoring evaluasi dan sistem pelaporan lingkup Pemkab Sergai karena segala bentuk informasi, data dari setiap OPD dapat dikomunikasikan melalui email masing-masing. Serta segala bentuk laporan kegiatan bahkan absensi pegawai dapat dilakukan secara digital sehingga pelaksanaan tupoksi masing-masing OPD dapat terpantau secara cepat.

Dijelaskan juga pada hari ini ada 8 aplikasi yang di soft launching sehingga semuanya berjumlah 16 aplikasi, diantaranya yaitu ke-1, Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) merupakan aplikasi yang terintegrasi dari sistem perencanaan (e-planning), penganggaran badguting dan sistem e-pelapor. Ke-2, Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPINTER) merupakan sebuah aplikasi untuk mempermudah pelayanan perizinan secara oline. Ke-3, e-Kinerja yaitu untuk mengukur dan memonitoring tingkat kinerja PNS, ke-4, Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), ke-5 Go-Jak (Go-Pajak) merupakan sebuah aplikasi untuk penyampaian pelaporan pajak secara online dan real time.

Kemudian ke-6, Go-Sip (Go-Sistem Informasi Pajak) yang bertujuan untuk melakukan pembayaran, pelunasan dan penunggakan PBB, ke-7, Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (SISUMAKER) adalah aplikasi surat menyurat perkantoran semuanya dilakukan tanpa kertas. Selanjutnya ke-8, aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), ke-9, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Sedangkan untuk memudahkan masyarakat memperolah informasi, Pemkab Sergai juga menghadirkan Media Center yang masuk dalam urutan ke-10.

Kemudian yang Ke-11, Untuk menampung berbagai aspirasi dari masyarakat juga tersedia aplikasi Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SAPA), ke-12 adalah aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), ke-13 aplikasi Sistem Informasi Geografis Integrasi Sergai (SIGIS), ke-14 e-Dokumen, ke-15 Sistem Informasi Managemen Kepegawaian Administrasi Pembayaran -Tunjangan Profesi Guru (SIKAP-TPG) dan ke-16 adalah aplikasi Absensi Online. (rur)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca