28 C
Medan
Selasa, 23 Juli 2024

Fidel Ganis Dikukuhkan sebagai Profesor Obgin FK USU

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

AKSESDOTCO – Muhammad Fidel Ganis Siregar, dikukuhkan sebagai Guru Besar (Profesor) Tetap Bidang Obstetri dan Ginekologi (Obgin) pada Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), dalam Rapat Terbuka USU, di Gelanggang Mahasiswa USU, Selasa (4/7/2017).

Prof Fidel yang juga Wakil Rektor II Universitas Sumatera Utara (USU) ini, menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul “Optimalisasi Kualitas Hidup Perempuan Menopause di Indonesia. Rapat pengukuhan Fidel ini dipimpin langsung Rekor USU, Prof Runtung Sitepu. Turut hadir Dekan FK USU, Dr Aldy S Rambe, SpS(K), Wakil Gubernur Sumut, Nurhajizah Marpaung; Ketua Komisi VII DPR, Gus Irawan Pasaribu; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Baharuddin Siagian dan ratusan undangan lainnya.

Dalam pidato pengukuhannya, Fidel menyoroti kualitas hidup perempuan menopause. Menurutnya, peningkatan jumlah perempuan usia tua tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri, yaitu dengan munculnya keluhan-keluhan pada masa menopause. Walaupun tidak menyebabkan kematian, namun menimbulkan rasa tidak nyaman dan kadang-kadang menyebabkan gangguan dalam pekerjaaan sehari-hari.

“Yang pada akhirnya akan menurunkan kualitas hidup. Padahal pada kurun waktu usia 40 – 65 tahun, banyak perempuan yang mencapai puncak karirnya,” kata Fidel.
Menurut Fidel penanganan keluhan menopause tersebut saat ini dijumpai di tiga masalah kesehatan yang paling penting dihadapi yakni luasnya wilayah Indonesia, minimnya klinik menopause dan hanya terpusat di perkotaan saja, dan masalah distribusi tenaga kesehatan yang masih kurang merata di Indonesia.

Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, mengucapkan selamat atas pengukuhan Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked (OG), SpOG(K). Menurutnya, Fidel menambah jumlah Guru Besar FK USU yang tentunya akan turut meningkatkan kualitas USU sebagai universitas negeri tertua di Pulau Sumatera. (frz)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca