27 C
Medan
Kamis, 20 Juni 2024

Hadiri RTP Bendungan PLTA, Pemkab Langkat Ingin Ada Perhatian Khusus ke Masyarakat Sekitar

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

LANGKAT, aksesco.id – Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH diwakilkan Asisten Adm Ekbang H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si memimpin rapat Konsultasi Publik Dokumen Rencana Tindak Darurat (RTD) Bendungan PLTA Wampu di ruang rapat Sekdakab Langkat, Kantor Bupati Langkat, Selasa 21 November 2023.

Rapat ini di lakaukakan dalam rangka membahas tujuan Rencana Tindak Darurat (RTD) adalah panduan bagi pemilik Bendundungan, pembangun bendungan dan penglolah bendungan, serta instansi terkait untuk melakukan tindakan yang di perlukan apabila terdapat gejala kegagalan bendungan dan terjadi kegagalan bendungan.

Adapun Bendungan Wampu yang dimaksud terletak di sungai lau biang (S.Wampu) tepat nya berada di sekitar 70 m ke hilir dari percabangan antara sungai lau biang dan sungai mbelin.

Secara administratif, lokasi bendungan berada di desa rih tengah, kec kutabulu kab karo prov sumatera utara. Lokasi bendungan dapat di tempu darat dengan jarak dari kota medan 120 Km.

Dalam sambutan H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si menyambut baik kegiatan ini, namun dirinya mengingatkan kepada pengelola bendungan PLTA Wampu untuk bisa memberikan perhatian khusus kepada masyarakat kabupaten Langkat yang merupakan daerah terdampak apabila terjadi bencana banjir.

Selain itu, mantan Kadis Perdagangan Langkat ini juga berharap kepada pengelola PLTA untuk selalu memberikan informasi terkait apabila ada kegiatan yang berpotensi mengalami bencana, agar Pemda bisa mengambil langkah tanggap terkait bencana.

Pengelola PLTA Wampu yang disampaikan oleh salman faris sebagai konsultan Indra karya Persero di dampingi kiki dan andri pihak PT WEP rencana tindak lanjut RTD adalah panduan bagi pemilik bendungan pembangunan bendungan dan pengelolah bendungan serta intansi terkait tindkan yang di perlukan apabila terdapat gejala kegagalan bendungan dan terjadi kegagalan bendungan.

Pencegahan bencana adalah serangkaian kegiatan yang di lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan resiko bencana, baik melalui pengurangan ancaman bencana maupun kerentanan pihak yang terancam bencana.

Pihak PT WEP melalui konsultan indrakarya persero Siap untuk berkoordinasi dengan pemkab langkat terkait apa yang dibutuhkan oleh pemerintah kabupaten Langkat.
Berharap dengan kerjasama dan persetujuan ini dapat berjalan lancar.

Turut Hadir Khairul Azmi, S.STP (Kadis PUPR), perwakilan Kodim 0203 LKT Kasdim Mayor Infantri Abner Bangun, perwakilan polres langkat KBO Reskirim IPTU Sihar Sihotang, Robby Deritawan Sitepu, SE, MSP (Camat Bahorok), perwakilan para OPD terkait, perwakilan Camat terkait. (MY)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]
- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca