30 C
Medan
Rabu, 21 Februari 2024

Pemkab Batu Bara Komitmen Deteksi Dini Kanker Serviks Melalui Program Iva Test

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

BATUBARA, aksesco.id – Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Raja Arena Sumela Nizhamul melakukan pembinaan di Kecamatan Talawi yang ditetapkan sebagai Kecamatan Percontohan Program Iva Test pada tahun 2024, Jum’at (09/02/2024).

Ny. Sumela mengajak semua wanita untuk ikut menyukseskan program Iva Test ini khususnya untuk kaum wanita yang ada di Kabupaten Batu Bara.

Iva test adalah metode inspeksi visual dengan asam asetat. Ini merupakan suatu cara untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya kanker serviks atau kanker leher rahim.

Kemudian, kanker serviks ini merupakan kanker tertinggi kedua pada perempuan setelah kanker payudara.

Dengan pemeriksaan iva test, kanker leher rahim dapat diketahui sejak dini sehingga dapat menurunkan angka kematian akibat kanker serviks.

Ny. Sumela mengajak untuk bersama-sama menyukseskan program iva test dimulai dari kader TP PKK Desa, Kecamatan hingga Kabupaten dengan mendatangi Puskesmas yang ada di Kabupaten Batu Bara.

Sebagai bukti terus mendukung program iva test, Ny. Sumela beserta Sekda Norma Deli Siregar, Kadis Kesehatan P2KB dr. Deni, Camat Talawi, Forkopimca Talawi dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Talawi menandatangani penggalangan komitmen pelaksanan iva test.

Usai pembinaan ini, Ny. Sumela bersama Sekda Norma dan Kadis Kesehatan P2KB dr. Deni meninjau pelaksanaan iva test di Puskesmas Talawi. (firs)

- Advertisement -[the_ad_placement id="iklan-diabwah-artikel"]

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

Berikan Komentar anda

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca