25.6 C
Medan
Minggu, 14 April 2024

Wisuda Akademi Kebidanan Langkat, H.Syah Afandin: Jadilah Bidan Terhormat

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

LANGKAT, aksesco.id – Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH yang di wakilkan oleh Sekdakab Langkat H. Amril S.Sos M.AP menghadiri Wisuda Program Studi Diploma III Kebidanan, Akademi Kebidanan Langkat Angkatan XVIII TA 2021-2022 dan Angkatan XIX TA 2022-2023, di Hotel Madani Jl. Sisingamangaraja – Amaliun Medan, Rabu (30/8/2023).

Sekdakab Langkat H.Amril,S.Sos,M.AP menyampaikan ucapan selamat kepada para wisuda akademi kebidanan Langkat atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan dengan sah telah menyandang gelar ahli madya kebidanan. Dimana dengan acara wisuda ini menandakan bahwa saudari tidak lagi sebagai mahasiswa yang penuh dengan tugas akademik, tetapi juga menandai bahwa saudari telah menyandang gelar yang membanggakan namun penuh dengan tanggung jawab baik moral spiritual maupun intelektual.

“Jadikan kebanggaan hari ini sebagai motivasi yang kuat untuk menjadikan diri kita lebih baik lebih bermanfaat bagi setiap orang yang membutuhkan, karena hidup yang paling membahagiakan adalah ketika kita mampu membuat orang lain bahagia,” ujarnya.

Disamping itu hal yang perlu diingat, ujar Amril, adalah bahwa dalam hidup dan meraih sukses kita harus terus belajar menempatkan moral dan agama di atas segalanya, jadilah kalian bidan-bidang yang terhormat, pilihan-pilihan yang telah memberikan warna positif dimanapun kalian mengabdi.

“Saya yakin institusi D.lll kebidanan Pemerintah Kabupaten Langkat mampu menghasilkan bidan yang berkualitas dan mempunyai kompetensi tinggi di mana dengan peningkatan kompetensi yang dilakukan bagi para bidan diharapkan mampu mendukung pembangunan bidang kesehatan terkhusus di Kabupaten Langkat,” harapnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa institusi pendidikan kesehatan berperan untuk menyiapkan tenaga kesehatan yang handal di bidangnya, mulai dari seleksi calon mahasiswa menyediakan dosen sesuai kualifikasi menyelenggarakan proses pendidikan sesuai mutu serta memfasilitasi sarana dan prasarananya.

“Saya berharap wisudawan memiliki gagasan atau pemikiran baru yang dapat memajukan dan merubah perilaku masyarakat khususnya dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak sesuai dengan kewenangan seorang bidan,” ujarnya.

Laporan Direktur Akademi Kebidanan Langkat Ibu, Alfi Laili, SKM,M.Kes atas nama civitas akademik kebidanan Langkat juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Plt Bupati Langkat, Bapak ketua LL Dikti 1 Wilayah Sumut ,Bapak Ibu Pembina pengawas dan pengurus Yayasan Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Ia menjelaskan selama 21 tahun penyelenggaraan kebidanan akademik kebidanan Langkat telah meluluskan 1463 dari 1638 mahasiswa yang diterima. Dimana sebagian besar lulusan telah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan profesinya sejumlah 90% dengan sebaran kualifikasi pekerjaan sebagai bidan pelaksana baik di instansi pemerintah sebagai PNS dan bidan PTT maupun di lembaga pelayanan kebidanan swasta bahkan ada yang telah membuka usaha bidan praktek swasta serta ada yang telah bekerja di luar negeri.

“Tahun ini akademik kebidanan Langkat meluluskan 39 orang dan ditahun 2022 akademi kebidanan Langkat telah meluluskan 5 orang bidan yang telah menjalani pendidikan selama 3 tahun atau 6 semester dengan 116 SKS di mana kegiatan pengalaman belajar dilakukan di kelas, laboratorium dan di lahan praktek,” jelasnya.

Pada tahun ini, sebut Alfi Laili, alumni Akademi Kebidanan Langkat telah memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidangnya pada 0 bulan setelah kelulusan sebanyak 50% dan alhamdulillah seluruh mahasiswa yang diwisuda pada saat ini telah menjalani ujian kompetensi dan dinyatakan lulus. “Perlu saya laporkan bahwasanya untuk lulusan Tahun 2022 lulusan UKOM sebanyak 100% dan untuk lulusan tahun 2023 sebanyak 86,9%,” paparnya.

Berikut mahasiswa berprestasi pada Akademi Kebidanan Langkat Tahun 2022 yaitu:

-Terbaik 1 atas nama Windi Artika dengan indeks prestasi 3,68 dengan predikat pujian.
-Terbaik 2 atas nama Wan Nur Annisa dengan indeks prestasi 3,54 dengan predikat pujian.
-Terbaik 3 Tirtin May Kalbina dengan Indek prestasi 3,49 dengan predikat sangat memuaskan.

Mahasiswa berprestasi Tahun 2023:
-Terbaik 1atas nama Winda Rusli dengan indeks prestasi 3,74 predikat pujian.
-Terbaik 2 atas nama Ayu Lestari Br.Sitepu dengan indeks prestasi 3,70 dengan predikat pujian.
-Terbaik 3 atas nama Dila Amelia Rahman dengan indeks prestasi 3,69 dengan predikat pujian.

“Perlu saya laporkan bahwasanya mahasiswa yang berprestasi telah mendapatkan beasiswa baik itu dari institusi maupun dari Kemendikbud. Dan pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada bapak Ketua LL Dikti 1 Wilayah Sumut dan Bapak Prof.Dr.Djohar Arifin Husin selaku anggota komisi X DPR RI yang telah memberikan kepercayaan kepada institusi kami untuk pemberian beasiswa KIP kuliah,” ungkapnya.

Upaya yang kami, lanjut Alfi Laili, dilakukan untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan adalah melakukan kerjasama dengan growth center LLDikti 1 Sumatera Utara dalam kegiatan pelatihan Toefl dan komputer, serta 35 mitra kerjasama lainnya untuk aplikasi kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi.

Sebagai pengaplikasian kerjasama kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi maka telah dihasilkan 5 penelitian yang melibatkan wisudawan angkatan ke-18, dan 39 penelitian yang melibatkan wisudawan angkatan ke-19 di mana dengan dihasilkan 44 penelitian tersebut maka sasaran akademi kebidanan Langkat dengan melibatkan mahasiswa telah tercapai.

“Saat ini institusi akademi kebidanan Langkat sedang mempersiapkan pengembangan institusi menjadi universitas Langkat. Pengembangan institusi ini dimaksud agar kampus ini bisa tetap eksis di Kabupaten Langkat yang kita cintai ini.kami mohonkan doa dari bapak dan ibu sekalian agar segala proses nantinya akan di lalui berjalan dengan baik,” harapnya.

Turut hadir Ketua LLDIKTI 1 wilayah Sumut Prof Drs.Saiful Anwar Matondang,M,A PhD, Kadis Kesalahan Provsu di wakilkan oleh Kabid Sumberdaya Kesehatan Ibu,Yetti Syahrini ST,MM, Pendiri Yayasan Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Langkat Langkat H.Syamsul Arifin,SE, Analis Kebijakan Ahli Utama Dr.H.Indra Salahudin,M.Kes,MM.

Juga hadir Pembina Yayasan Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Langkat Ikhsan Aprija,S.STP,M.Si, Direktur UPT RSU Tanjung Pura Dr.Imanuel Pinem, Ketua PPNI Kabupaten Langkat H. Ansyahri, SKM, Ketua PC IBI Langkat Sudariati,ST, M.Kes, TP.PKK Kabupaten Langkat, DWP Kabupaten Langkat, Bapak/Ibu Pembina Yayasan Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Langkat. (MY)

- Advertisement -[the_ad_placement id="iklan-diabwah-artikel"]

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]
- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca